Tuesday, February 26, 2008

monumen (nasional?)


Gua pikir-pikir kenapa monas kebanyakan cuman dijadiin pajangan doang ye sama pemerintah beberapa taun belakangan ini? Waktu gua masi kecil banget dulu, gua cukup sering main kemonas sore-sore buat main giant kites (lebih beken di Jakarta dengan sebutan layangan koncer), atau sekedar jalan-jalan barengan sama bokap gua abis dia balik kantor. Yang dateng kesana pun masi rame bangettt orang-orangnya. back way then monas menurut gua si masi asik-asik aja.. tapi sekarang? Yaaa, let say emang si dalam occasion tertentu emang suka ada acara yang diadain di monas. Ya itu juga paling dangdutan pas taun baru, sama … mm apa lagi ya? Sit! I cant even found any events anymore. Yang gua tau si akhir-akhir ini kalo di monas ada acara palingan dangdutan doang..

Tai ah, kenapa monas si? -.-‘

Maksud gua, kenapa kaga dijadiin sebagai penarik wisatawan asing gitu, misalnya diadain carnival yang emang rutin setiap setaun sekali, ngadain international art / music festival mungkin, atau exhibition apaaaa gitu, apa monas birokrasinya sulit buat acara yang diadain public? Sebenernya setelah gua ngomong-ngomong dengan beberapa teman dari event organizer atau promotor, monas seringkali masuk dalam option venue buat suatu acara, tapi kata mereka siii.. birokrasinya dari pemerintahnya ribet banget! Padahal menurut gua kalo monas diadain acara yg seru-seru pasti banyak orang juga kok yang datang.

Akhirnya sampe sekarang masi ngimpi aja di monas tu bisa kaya love parade di berlin, mardi gras, esplanade park yang sering diadain skateboard competition, atau apalah festival-festival yang bertaraf internasional, huhuhu..

Yang ada monas terkenalnya dengan pecun mbok-mbok yang suka mangkal mulai dari stasiun gambir, sampe dengan pinggiran jalan medan merdeka barat, dan mobil goyang palingan. Kalopun nongkrong di dalem juga, tau kenapa bau pesing banget! Gua sampe bingung ini kencing kuda apa kencing orang, asli deh..

Jadi inget kemarin waktu balik dari kampus, gua bersama teman gua mengantarkan seorang kawan baik selepas pulang kuliah ke rumah-nya di daerah pasar baru, setelah masuk lewat daerah istiqlal, dan mendrop kawan baik kami di rumahnya itu, kami mengambil jalur pulang lewat monas. Ini kali pertamanya saya melewati monas di taun 2008 ini, lalu pada akhirnya teman gua ini membuka pembicaraan..

+ cuy, gile uda lama banget gua kaga kesini ni.
- ampe 2 taun yang lalu gua masi sering kesitu kalo kagada kerjaan.
+ AHUAUHAUHA, taee ngapain lu nongkrong di monas?
- abis dimana lagi bisa skab gaya bebas di tempat umum..
+ najis lu.

Hahahaha, ya setidaknya itu bentuk nasionalisme gua (loh?) walaupun dalam bentuk yang salah, hihihii.. jujur aja sih, gua emang orangnya agak-agak kurang nasionalis gimanaaa getuh. Mau jadi apa bangsa ini kalo begini semua orang-orangnya, eiieieie.. yabess mo ngapain lagi ke monas hari gini.. dengerin proklamasi RI yang diputer ulang-ulang pake tape !? sayang aja menurut gua tempat sebagus ini tidak dimanfaatkan secara maksimal dari pemerintah. akhirnya apatis duluan. yaaa mereka pikir kaga jadi duit kaleeeee, duitnya buat gubernur sama walikota doang.

Do you guys have any stories about this (so-called national) spot ? =P

4 comments:

LUTHFI. said...

haha believe it or not.
ive never been to monas !
gw aja belom tau dalemnya kaya apa.
kekekekeke..

yiuuk monas yuk.

bapurez said...

halakh kaga kaget lah fi kalo anak jakarta, yuk ksana ajak anak2, tp mabok yha? hahaha

luthfi said...

iya maksudnya gitu pur,
kesana tapi mabok2 lucu aje kekekke.
seru juga ye

Anonymous said...

ngomong2 monas gw blom pernah masuk lho...hihihiihh
kaya apaan si dalemnya??
kan katanya lift nya suka macet!!
oh no scary bgt..!