Tuesday, May 20, 2008

Harkitnas dan Harpitnas





secara lagi pada heboh banget kayaknya ngemengin
seabad (100 tahun) Harkitnas, jadi pengen ikut-ikutan nulis tentang Harkitnas, atau yang lebih dikenal dengan Hari Kebangkitan Nasional. apa si itu Harkitnas? sumpah saya kaga tau apa yang diperingati pada Harkitnas ini. (not to mention) saya orangnya emang agak-agak kurang nasionalis si. Jadi, maksud saya kejadian apa yang diperingatin pas Harkitnas itu asli saya kaga tau, hihihi.. sama ya sama sumpah pemuda? eh, beda gak si? ah, bodo ah.

sebenernya apa itu nasionalis? menurut saya, itu adalah sebuah rasa bangga yang ditanamkan terhadap bangsanya sendiri, doktrin-doktrin negara yang sudah dijejelin ke otak bahkan disaat kita masi sangat kecil dalam bentuk pelajaran PMP, PPKn, Sejarah, atau apa lagi-lah saya lupa (dan tidak tertarik untuk mengingat lagi) pelajaran-pelajaran tersebut. agak-agak kayak tai juga si saya kalo dipikir-pikir. ngaku kurang nasionalis tapi ikutan kesel waktu lagu daerah kita dicolongin sama malaysia, ngaku kurang nasionalis tapi ikutan teriak-teriak di stadion bung karno waktu tim sepak bola indonesia tanding di piala asia, ngaku kurang nasionalis tapi ngebet banget pengen nonton langsung pertandingan thomas-uber cup beberapa waktu yang lalu.


terus patokan apa yang digunakan untuk mengatakan seseorang sebagai nasionalis?
saya si gak mau dibilang orang yang nasionalis, (dan gak ngarep juga dibilang nasionalis) biar dikata saya memang melakukan hal-hal yang diatas, dan memang saya bangga akan beberapa hal yang terdapat di negara kita ini. tapi buat saya kayaknya itu belum cukup nasionalis. sebenernya apa itu nasionalis hingga sampe skarang kayaknya itu digembar-gemborin banget sama pemerintah? yang saya tau nasionalis itu cuman cerita-cerita sejarah yang gak jelas kejadianya beneran kejadian, atau tidak yang tertulis di buku-buku sejarah jaman saya dari SD sampe dengan SMA. untungnya si ya, di dunia perkuliahan saya sudah tidak ada pelajaran-pelajaran seperti pelajaran Sejarah dengan tetek bengeknya, kalo gak mungkin saya akan bolos terus di pelajaran-pelajaran seperti itu, hihihi.


seabad Harkitnas.. kok heboh banget? sampe-sampe ada
Perayaan Seabad Harkitnas yang menggunakan biaya yang kayaknya mahal (banget!) di gelora bung karno, perlu gak sih sebenernya?

hmm, saya juga bingung dengan Harkitnas ini. Harkitnas tahun ini meyebabkan Harpitnas, atau yang lebih dikenal dengan Hari Kejepit Nasional. hari senin lalu beberapa universitas dan kantor (atau seluruhnya ye?), setau saya diliburkan karena bertepatan dengan 100 tahun kebangkitan nasional di hari selasanya. perlu gak si sebenernya? hihihi, gak penting yhe! tapi bodo amat ah, saya cuman pengen iseng aja ngomong: kalo bangsanya diliburin kejepit mulu gimana mau bangkit? karena emang kayaknya sejauh sekarang ini, di tahun 2008 sering banget ya hari kejepit diliburin terus sama pemerintah. tapi saya si seneng-seneng aja, dan sedikit banyak mendukung Harpitnas ini. lumayan cing, nambah-nambahin hari nganggur saya tuh.

terus urusan bangsa ini bakal maju apa tidak, karena masyarakatnya sering banget diliburin sama pemerintah karena hari kejepit mulu? biarin aja deh itu jadi urusan Depdiknas. saya kan kurang (atau tidak?) nasionalis, hihihi..

5 comments:

wkurniawan said...

saya malah pernah denger, negara yang banyak liburnya itu malah ekonominya maju...

beer delivery boy said...

sbnrnya mungkin menghambat kemajuan bangsa kali ya kalo kebanyakan libur. tapi gw sih malah seneng kl liburnya banyak..

Manda said...

kantor gw mau seNgeJepit apa juga tetep ga libur tuh..huahahahahah!!
di saat yg lain liburan gw garing di kantor.. =(

Anien said...

mas, diliburinnya sebenernya krn 20 mei itu waisak, hahahaha. tapi pas aja sama hari kebangkitan nasional. hahahaha. anyway 20 mei 1908 itu berdirinya organisasi boedi oetomo, gw abis selesai baca buku sejarah SD nih.

bapurez said...

wkurniawan!
haaa serius? gua si sering ni meliburkan diri sendiri.. brarti orang yang maju dooongg? yes! hahahaha

beer delivery boy!
idup lu si emang libur melulu

manda!
nasip anak2 advertising emang kaya gitu mand kayaknya, dibiasain coba yha? GHAUHAUHAUHAUHAHUA

anien!
ooo emang waisakan ya kmarin? hehehe, sebenernya bukan masalah diliburinya karena apa si, tetep aja mo libur gara2 apaan juga yg judulnya kejepit liburin terus hihihi, btw thanx ya infonya, pasti sejarah lu di rapor dulu 8 terus deh... hihihi